Thursday, March 12, 2009

Wawancara Schlumberger (SLB)

Kan gw ikutan recruitment di kampus.

Jadi tahap pertama itu kita ngambil kertas yang berisi pertanyaan secara acak. Pertanyaannya bervariasi dari yang teknis sampe yang gak teknis sama sekali. Kita diminta untuk menjawab pertanyaannya paling lama 2 menit. Dulu gw pernah dapet pertanyaan "What do you think about Schlumberger?". Yang lain ada yang dapet "What do you know about SLB?", dll. Yang pasti kita harus menjawab pake bahasa inggris. Katanya sih disini yang dinilai adalah kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengemukakan pendapat.
Setelah itu, tinggal menunggu pengumuman yang berisi siapa2 saja yang lolos tahap pertama. Kalau lolos, masuk ke tahap kedua yang diadakan di hari yang sama juga.

Tahap kedua ini berupa focus group discussion. Peserta dibagi dalam kelompok2 dengan jumlah anggota skitar 4-6 orang. Semua kelompok diberikan masalah yang sama, dan diberi waktu untuk diskusi mengenai pemecahan masalahnya, sambil mempersiapkan slide presentasi. Saat diskusi ini, biasanya para rekruter berjalan keliling sambil memberi penilaian peserta. Nanti kalau sudah selesai. Tiap kelompok harus mempresentasikan hasil diskusinya dan juga harus siap menjawab pertanyaan2 yang diajukan oleh rekruter. Dulu di tahap ini gw dapet masalh tentang urutan prioritas gitu. Tahap ini juga menggunakan bahasa inggris.
Selesai tahap ini peserta disuruh menunggu sebentar sementara rekruter memutuskan siapa saja yang lolos ke tahap ketiga. Yang lolos disuruh berkumpul terlebih dahulu dan langsung diberi jadwal interview, serta diberi formulir untuk diisi dan dibawa saat interview.

Tahap ketiga itu berupa interview dengan rekruternya. Kalo dulu gw sama Pak Dicky. Bisa dibilang ini tahap yang paling menentukan. Pertanyaan yang ditanyakan saat interview biasanya berkisar tentang alasan kenapa kita tertarik kerja di SLB. Kalo dulu gw ditanyain, knp mau kerja di SLB, apa yang kamu tahu tentang SLB, apa tujuan kamu bekerja, kenapa kamu milih segment ini, apakah kamu pernah melamar ke perusahaan lain, hobby kamu apa, ceritakan tentang skripsi kamu, kapan kamu lulus, ceritakan tentang kerja praktek. Yah pertanyaanya seputar jawaban di formulir dan informasi di CV.

Nah kalo lolos tahap interview bisa dibilang cukup aman, walaupun ada tahap berikutnya. Yaitu medical check up dan test bahasa inggris.
Medical check up nya itu dilakukan di klinik yang sudah ditunjuk oleh SLB.
Test bahasa inggrisnya berupa conversation via telp ke Inggris. Jadi kita dijadwalkan untuk menelepon ke suatu lembaga bahasa yang ditunjuk oleh SLB. Pertanyaannya itu gampang2 aja, misalkan disuruh ngeja nama, cerita tentang hobby, dll. Kayak ngobrol biasa lah tapi pake bahasa inggris pastinya.
Medical check up itu mandatory jadi harus dilakukan, sedangkan test bahasa inggris sepertinya gak, karena ada juga temen gw yang gak diminta untuk test bahasa inggris.

Nah kalo udah lolos tahap2 diatas, tinggal nunggu job offer dari SLBnya.
Jadi tiga tahap pertama itu yang paling penting.

Itu aja des, semoga bermanfaat!!


Ditulis oleh:
Felany Wijaya (Teknik Kimia UI '04)

1 comment:

  1. nice post :). mau nanya ni,, koq g ada interview user ya?

    ReplyDelete

Hi All...
Thank's for reading my blog.
I'd be glad if you give me any comments about this post.