Thursday, March 12, 2009

Wawancara NISP

Sekarang saatnya ngomongin tentang secuil pengalaman yg gue miliki pada saat proses rekrutmen alias nyari kerja. Setelah mencari menimba dan menguras ilmu di Teknik Kimia UI dari tahun 2004 sampe tahun 2008, ada sedikit kekhawatiran yg muncul dari dalam diri seperti: takut ga bisa dapet2 kerjaan, takut ga bisa bukin orang tua bangga (default cita2 seorang anak yg ingin berbakti kepada nusa bangsa dan agama ... lho?!), takut susah dapet jodoh, takut jadi perawan tua. Hiihii...
Tapi kalo kata Mr.D,, "Ga ada gunanya mengkhawatirkan masa depan yg blom tentu terjadi..Jalani aja dengan usaha dan doa.." (walaupun agak basi) Hal itu memberikan semangat baru dalam hidup gue. Gue jadi tampil lebih memesona di keesokan hari pada saat itu... ::koq jd ga nyambung::

Anyway,, salah satu penyakit gue adalah: gue sering ketinggalan berita kalo ada lowongan kerja yg baru. Alhasil, gue minta tolong sama Mr.D. "Kangmas,,adinda minta tolong sekiranya di internet,di koran,di jalan,ada berita mengenai lowongan kerja, perkenankanlah Kangmas memberitahu adinda megani hal itu. Krn terkadang adinda agak lemot gimana caranya pake internet,baca koran,dan ngeliat flier2 di jalan". Mr.D hanya bisa menjawab, "OK" dengan tampang prihatin melihat ke arah gue.

Pada suatu hari, Mr.D masukin CV gue ke Bank NISP (sekarang namanya OCBC NISP) utk posisi management trainee. Disinilah awal mula perjuangan gue sebagai job seeker papan bawah, fenomena jungkir balik gue nyari kerjaan di Jakarta, di mulai.

Test Tahap I
Seperti biasa gue selalu ditemani Mr.D kemana2 (karena takut gue nyasar) termasuk pas test masuk kerja di Bank NISP TOWER Casablanca. Tahap I, masih standar, test tertuis : numerik dan verbal. Gue duduk di samping Mr.D. Padahal dia ga apply, tp bisa masuk ke ruangan test (kesalahan pihak NISP yg pertama). Soalnya buanyak banget... Mr.D ngerjain dari belakang,, gue dari depan. Gue bisa ngeliat lembar jawabannya Mr.D krn pengawasan dari mbak2 NISP sangat kurang (kesalahan NISP ke-2). Tp Mr.D ga nyalin jawaban gue, krn dia ga pgn masuk NISP. Alhasil ,, setelah selesai dan nunggu beberapa saat, nama gue ada di urutan pertama yg klolos tahap berikutnya (kesalahan NISP yg ke-3 krn seorang seperti gue dimasukin ke urutan pertama). Tahap selanjutnya hari itu juga adalah Focus Group Discussion bahasa gaulnya: Efjidi. Soal efjidinya tentang bank. Dan ternyata gue lolos tahap ini.

Test Tahap II
Gue di panggil utk wawancara dengan HRD dan presentasi wajib mengani bank. Well, pertanyaanya standar ala HRD.Dan gue melewati tahap ini.

Test Tahap III
test kepribadian dan Wawancara dengan Wadirut Bank NISP dan rekan-rekan,ditanya apa arti tentang hidup (dalem banget kesannya) dan kesanggupan kita untuk mngikuti training MT selama 1 tahun dan menjalani ikatan dinas (ini dia yg bikin gue males). Gue juga lolos tahap ini.

Test Tahap IV
Medical Check Up di daerah Menteng. Gue lupa namanya apa.

Test Tahap V
Test bahasa inggris, sebenernya ini cuma buat formalitas aja.

Test Tahap VI
Ini dia yang memberatkan, saat itu gue disuruh dateng untuk tanda tangan kontrak sekaligus menyerahkan dokumen-dokumen yg haris disita, such as ijazah., sebagai jaminan krn kita akan mengikuti ikatan dinas, ga boleh kemana-mana. Akhirnya setelah gue pertimbangkan lagi, gue ga rela menyerahkan ijazah gue yg dah gue cetak dengan keringat dan tetesan darah selama 4 tahun di UI Depok. Selalu terbayang salam benak gue, saat2 PPAM di Teknik, di bentak2 senior, perjuangan ngejar2 dosen pembimbing, morat marit jaman penelitian di lab, gagal mendapatkan lauril alkohol,diputusin pacar (lho?!). Yaudah deh,,dengan nada yg sok sok sedih dan sok sok menyesal, akhirnya gue menolak tawaran NISP.

Goodbye NISP TOWER...


Pengalaman pribadi.

5 comments:

  1. @Ripsidasiona Cici:
    Dear Cici,
    Kalo ada yg mau ditanyakan di sini aja ya,karena kalo ada yg kasih komen di blog saya, akan langsung ada notification ke email saya, jadi saya bisa langsung balas. Kalo di facebook, saat ini saya lagi ga exist.Hehe...
    Interview User NISP itu yg tahap III ya??
    Waktu itu interviewer nya ada 3 orang. Wadirut NISP, dan 2 kepala divisi apa gitu(lupa..).
    Pake bahasa indonesia koq. Sejauh di interview ama mereka, ga ada pertanyaan menyngkut ttg Perbankan (bisa gawat kalo ditanyain Perbankan, background saya kan Chemical Engineering, hehehe...)
    Kalo waktu itu sih menurut saya, dia melihat behavior/attitude kita dan juga manner kita.Ditanyain ttg cita-cita kita, ditanyain kenapa Engineer mau masuk ke perbankan (hehehe), ditanyain kesiapan kita untuk dilatih menjadi manager di NISP, dan menjalani ikatan dinas (yg lamanya minta ampun, ga boleh nikah pula pas masih pendidikan). Pokoknya asik koq interview nya. Interviewernya yg waktu itu sih santai, ketawa2 malah.. Dibawa santai aja, yg penting percaya diri dan jawabannya jangan muter2...
    Kalo dah sampai tahap ini mah InsyaALLAH keterima. Karena kan yg dilihat sekarang attitude nya.
    Good luck ya...
    Kalo ada yg mau ditanyakan lagi, silakan aja...
    Semoga blog nya membantu (^_^)v

    Regards,
    Desti

    ReplyDelete
  2. Hi desti,
    mo tanya dong kalo da sampe tahap dua , pemberitahuan masuk tahap 3 berapa lama ya?
    TQ

    ReplyDelete
  3. mau tanya, saya lolos FDG dan udah interview pas FDG itu pake bghs inggris, dan saya lolos untuk interview lg, nah, itu HRD atau yang Dirut itu ya???

    trus presentasi wajib menangani bank, soalnya kaya gimana tuh? pas ama HRD?? di tanya apa aja ??
    thx

    ReplyDelete
  4. Hi desti mau tanya dong,mohon dijawab...
    jarak antara interview terakhir dengan medcheck berapa lama ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. hai destiii mau nanya dong, kalo kamu ditanya kenapa enginer mau masuk perbankan jawabannya apa yaa des?

    ReplyDelete

Hi All...
Thank's for reading my blog.
I'd be glad if you give me any comments about this post.