Thursday, March 12, 2009

Wawancara Halliburton di UI

Yah..kembali menghunting kerja... Kalo menurut gue sih,, nyari kerja itu kayak nyari jodoh... Dibikin FUN aja,,gausah di bawa stress ::menghibur diri sendiri::
Proses rekrutmen yg kedua,,pengalaman pribadi,,lagi,, untuk perusahaan yg ada hubungannya dengan Teknik Kimia..hehe.. Halliburton.Halliburton.Halliburton.Halliburton. (udah ah kepanjangan!)
Ini juga gara-gara Mr.D yg apply dan masukin nama gue juga. Padahal gue ga pengen bgt di serpis kumpeni. Yaudah,,untuk mengisi luang, gue dateng deh ke auditorium FEUI (test tahap I nya di sana).

Tahap I:
Pas sampe auditoium: Wuih,,banyak banget orang!Muka2nya banyak yg familiar (ga kayak pas NISP). Terus setelah register, duduk deh di paling belakang sebelahan lagi sama Mr.D (tp ga dempet soalnya harus di sisain satu bangku kosong). Setelah mendengarkan cuap cuap dari Wireline dan Baroid (Fluid System). Kita di bagiin soal bahasa inggris kyk TOEFL gitu, trus berlanjut soal psikotest (in english yow!! amerika yow!!). Apes deh nih gue ,, untung gue pernah ngerjain yg versi bahasa indo nya, jadi agak2 bisa kebaca lah dikit. Tp gpp kalo ga lolos juga ::menghibur diri sendiri::,,toh cuma tim hura hura doank gue di sini..! Abis itu dapet snack,,sayangnya pas lagi puasa ramadhan jadi ga bisa makan deh. Setelah beberapa jam menunggu keluar hasil psikotest yg dilanjutkan dengan Efjidi (hari itu juga). Efjidi nya sekitar 6-7 orang waktu itu, soalnya tentang kita lagi di kapal terus kapalnya rusak di tengah laut. Yg lolos akan di telp malam hari katanya. Eh,,ternyata gue lolos...

Tahap II:
Wawancara dengan user di CCIT FTUI Depok. Di sini karena ada dua divisi yg mau merekrut (dua divisi atau dua perusahaan ya...). Jadi pertama kita di wawancara oleh user dan HR yg dari wireline halliburton. Ditanya ttg personal,skripsi,cara menghadapi konflik,dan di kasih soal soal fisika, di jawab lisan (in English nih!). Soal soalnya basic actually,,bisa pake logika,, tp harus masuk akal lho ya (ya iyalah,,nenek-nenek ompong ga bisa baca jg ngarti!).. Soalnya tentang listrik,bejana air,jungkat jungkit, gitu-gitu deeeh...
Abis itu wawancara dengan Baroid. Nah ini nih,, gue disuruh crt ttg diri gue,dan pengalaman apapun di masa perkuliahan. yaudah, gue cerita aja pengalaman ngelab gue. dan ternyata, si user nya tertarik dengan penelitian surfaktan kampret gue (krn kan mereka jg pake surfaktan). dan ternyata lagi mereka lagi butuh lab eng. Jadinya lah nomer telp gue di catet langsung ama user Baroid.

Tahap III:
Gue dipanggil lagi untuk wawancara tapi di kantornya (Cilandak KKO). Tempatnya nyempil banget kayak upil, susah bo nyari nya. Gue di wawancara sama 1 team leader dan 1 expat. Ditanya tentang keseriusan dan kesungguhan kita utk masuk Halliburton. Ditawarin gaji sekian rupiah (lumayan nih buat makan di warteg sinta kutek ::dalam hati::) terus intinya sih kita di kasih tau job desc nya ngapain dan dia mau tau seberapa kita eager dengan pekerjaan yg ditawarin.

Tahap IV:
Gue di panggil lagi buat wawancara sama interviewer yg kemarin, ditambah 1 country manager.

Tahap V:
Medcek di daerah Warung Buncit, Mampang.

N.B: Halliburton manggil nya lama banget... Klo udah medcek, jangan langsung leha leha ga nyari kerja. Ya itung itung prepare for the worst lah..! Tetep semangat mencari yg lain...

..korban..

9 comments:

  1. wah desti..ini mang pengalaman lo pribadi yaa...
    gw juga mau share buat rekruitment di itb..

    Untuk Tahap I, sama seperti rekruitment di UI, hanya untuk tahap selanjutnya langsung dibagi ke dalam divisi baroid,sperry dan wps, pemilihannya itu memang berdasarkan user masing-masing.
    kebetulan gw masuk ke divisi baroid, honestly gw ga denger waktu presentasi, dan gw ga ngerti baroid itu apa..gw baru tau masuk divisi baroid ketika gw mau interview.
    Gw sebenernya udah ga ngarep lagi di telp ama halli buat interview, soalnya dalam rentang waktu dua hari gw mang ga ditelp..ya udah la ya, mungkin bukan rejeki gw...ternyata gw ditelepon pagi, jam 5 pas banget pas gw mau mulai shalat..berkah kali ya...
    gw pas interview ditanya tentang diri pribadi dan TA gw..kebetulan aja TA gw pake tanah liat, yang memang di baroid dipake buat apa lah..gw juga ga ngerti..
    setelah interview gw langsung dibilang lulus dan bakal di hire, tetapi setelah melewati tahapan selanjutnya, yaitu tes tertulis..
    tes apa lagi ni...dia bilang nilai gw harus di atas 80...
    pas gw mulai tes...yah,anak sd juga bisa
    gw kasih contoh yaa
    A+B=C+D+E, ditanya berapa kah nilah E??
    ada yang ga bisa jawab???
    usernya bilang dia bakal ngehire gw barengan dengan rekruitment di ui..

    tahapan selanjutnya yaitu gw ikut medcheck di daerah kopo,namanya pramita..soalnya kan gw ikut rekruitment di itb..
    gw disuruh nunggu beberapa minggu, nunggu offer contract dari halli..ditunggu tunggu ga keluar informasi selanjutnya,
    setelah satu bulan lamanya gw di telepon, hr nya bilang ditunda sampai bulan depan..
    ditunggu-tunggu ga ada kabarnya juga, sampai akhirnya gw dan temen-temen yang lain tahu kalo di baroid di cancel..hoooo
    gw langsugng shock, karena gw pikir bakal kerja di halliburton, dan gw ga daftar perusahaan lain.Gw mau daftar yang lain juga ga ada yang buka.Yaaaagghh..singkat kata gw salah strategi
    Minggu depan setelah gw tahu baroid di cancel, gw dapet tawaran lagi di divisi cementing, gw di interview ulang. Alhamdulillah gw di offer contract buat cementing. Tapi cobaan belum sampai disitu, gw disuruh nunggu lagi karena mereka ingin mulai secara berjamaah, mungkin karena pahalanya lebih besar.. gw kira semuanya sudah beres disana, tetapi beberapa hari sebelum keberangkatan gw ke balikpapan, gw mendapat kabar waktu mulai bekerja ditunda kembali karena belum mendapat persetujuan dari management asia-pasific. Jadi sebenernya ada tahapan selanjutnya yang dinamakan sign agreement, dimana kita tanda tangan di atas materai dll.
    Mungkin rejeki gw mang kerja di halliburton, akhirnya di hari ini gw mendapat kabar untuk tanda tangan letter of agreement..
    Pesan buat yang lain, sekedar sharring, don't put your eggs in one basket,..sebelum temen-temen dapet kontrak dan mulai bekerja jangan terlalu berharap buat kerja disana, ikut rekruitment yang lainnya..lumayan dapet makan gratis kan setiap kita ikut tes..
    Selama rekruitment halliburton yang memakan waktu 5 bulan, gw dilatih untuk selalu bersabar menunggu..
    Selama masa menunggu, gw juga belajar hal baru tentang perusahaan futures, gw banyak belajar hal disana,kalo gw ga ditunda mungkin gw juga tidak akan mengenal dunia futures.Ilmu yang diperoleh sangat gw syukuri.
    Gw juga merasa beruntung karena temen gw yang kerja di SLB belum mulai bekerja, temen gw udah menunggu 7 bulan,sampai detik ini belum mulai bekerja.
    Apa ini cuma fenomena service company ya???

    Makasi ya desti, gw udah dikasih space buat ngisi di blog lo..

    ReplyDelete
  2. Desti, makasi ilmunya..gw sangat terbantu melewati tahap pertama...smoga info selanjutnya juga membantu gw di tahap interview..hahaha...Smoga cepet nyusul ya gw...baek nikah maupun kerjanya..haha...Congratz dess...!!

    ReplyDelete
  3. Melengkapi aja, mumpung masi fresh di ingatan tentang interview halliburton di UI kemaren ini...semoga membantu rekan-rekan lain nantinya.

    Sama kaya 'korban', pertama-tama suruh describe yourself. Trus ditanya ttg family, kenapa pilih Halliburton, ada ga senior disana, kerja nya berat apa kita masih mau disana, trus sedikit mengenai KP gw...Itu pertanyaannya. Sisanya pertanyaan teknis soal katrol, rangkaian listrik, tekanan hidrostatis, gear/ gigi roda, levers/ pengungkit. Gw sempet bingung jawab yang listrik gara-gara gw sok sok nambahin jawaban gw yang pertama. Jadi dipake buat ngejatuhin gw d..haha....Tipsnya belajar pertanyaan psikotest yang mechanical reasoning. Udah bis itu selesai wawancaranya. It only tooked 15-20 minutes. Sekarang tinggal menunggu hasil 2 minggu-2 bulan lagi,,,diumumin via handphone....Gitu aja, buat desti makasi ya bu =)

    SY (05)

    ReplyDelete
  4. @SY (05):
    Hehehe,,
    Thanks ya buuu infonya...

    ReplyDelete
  5. ikutan nimbrung sharing Halliburton recruitment.. bener juga dari info di atas.. Saya ikut tes Halco dari Bulan Maret 2010 lalu, udah test user dengan 2 orang lokal, dan 2 orang asing di bagian Wireline di bulan Maret juga. Akan tetapi selang 2 bulan, tepatnya bulan Mei lalu saya diintervw lagi di bagian cementing sama orang bule lagi, pe sekarang bulan Juni ini juga tidak ada kabarnya juga.. berarti udah 4 bulan ini saya digantung oleh Halliburton.. bener juga apa sampe 5 bulan proses rekrutment di Halliburton yah...Allahualam kalo rejeki pasti juga dateng lah..kalo belom, who knows...Hanya Dia yg tau..

    AD (Applicant Halliburton)

    ReplyDelete
  6. mo sharing juga...serpis kumpeni memang hobbi ngegantung...kwekwe !
    gw mo gabung mid career di sperry halliburton,dapet offer di Angola..udah setahun di gantung,ampe sekarang ga ada kejelasan, katanya nunggu bisa buka new position, ( ga ngerti dah gw..hehe) trus dapet offer lagi di middle east.. baru di gantung 1 minggu sih..udah passed interview with user manager, katanya bakal di hubungi dari global staffing manager dari houston......sekarang waktunya untuk nunggu lagii..hehehehehe.

    ReplyDelete
  7. Ikutan share about halliburton,

    gw baru kamis (April 19th 2012) kemarin tesnya.

    entah mengapa saking sibuk nya kerja gw gk liat email (announcement dipanggil test di email), eh pas pagi2 hari selasa (2 hari sebelum hari test) gw ditelf, ajaibnya tiap kerja itu hape gw disilent entah kenapa gw lagi liat hape, lho kok ada org nelf, gw kira asuransi gk jelas.

    "kita dari HR Halliburton, mau undang saudara bla bla bla"
    gw rada gk percaya, then intinya gw seneng dan langsung izin gk kerja hari kamis nya.
    pas tes.

    ada 2 tes.

    First : terbagi 3 section which are english test, math test, logic test
    in this part of test waktunya agak2 mepet, jd kerjain secepetnya (gk ada sistem minus kok, jd hajar aja klo gk lom kelar)

    Second : ini sih test refreshing kyknya. macam contoh : klo ada 50 sack bahan, per sak nya $50 berapa totalnya, dan smua begitu soalnya ( in english of course)
    kerjain nya tp yg teliti ya. takutnya kita salah baca.

    klo perasaan sih kyknya gw bisa.
    hopefully gw lulus (pengumuman 2 minggu setelah tes maksimal)

    AMIN.

    good luck buat temen2 yg lain klo mau test disini juga

    ReplyDelete
  8. wah, terimakasih buaenget yak atas tips2 nya.
    semangat buat tes besok.
    semoga lolos aminnnn T.T

    ReplyDelete
  9. Slot Saja - Casino in Japan happyluke happyluke 10cric 10cric 우리카지노 계열사 우리카지노 계열사 291Marie Sharp's Hot Sauce 5 oz | LegalBet.co.KR

    ReplyDelete

Hi All...
Thank's for reading my blog.
I'd be glad if you give me any comments about this post.