Friday, March 13, 2009

Wawancara BPPT

Waktu itu gw dikasih tau oleh teman kerja gw yang di PT.Jaba Garmindo klo ada lowongan CPNS BPPT di internet, trus gw langsung buka situs www.bppt.go.id untuk ngisi form application, trs disitu juga ada syarat2 berkas yang harus dikirim lewat pos seperti hasil form yang telah diisi lewat internet, CV, transkrip nilai, ijazah terakhir, print out cover skripsi untuk dilihat judulnya, dan abstrak skripsi kita. Habis itu gw nunggu hasil pengumuman seleksi berkas apakah nama gw lolos untuk ikut ujian tes tertulis, dan Alhamdulillah nama gw ada disitu. Soal yang diujikan pada tes tertulis sama ko’ sama tes2 tertulis lainnya, karena BPPT pakai psikotes yang diadakan oleh lembaga UI, Cuma bedanya soalnya didepan, pake slide, so bagi yang matanya ga bgtu jelas lihat ke depan pusing sendiri deh tuh kayak gw yang ga bgtu kelihatan baca soal didepan, untungnya boleh pindah tempat duduk ke paling depan (tapi pegel bgt boo karena harus dongak terus dan ngerjain soalnya banyak bgt sampe jam ½ 5 gw ngerjain soal dari jam 8 teng,uppsss....jadi curhat nih), dan alhamdulillah gw lulus untuk ke tahap selanjutnya yaitu interview job test. Disini kita ditanya2 berdasarkan pengalaman kerja kita, karena gw masih fresh graduated so yang ditanya masalah skripsi. Oh iya, disini tuh penting banget dan pengaruh banget loooh tentang judul skripsi kita, coz dari situ bisa tau mereka mau masukin kita kemana, dan apakah mereka butuh kita atau nggak, semua itu dilihat dari skripsi ternyata (bagi yang belum punya pengalaman kerja), jadi bagi kalian yang mau skripsi hati2 ya milih judul skripsi klo bisa kalian dah tau ke depannya kalian mau kerja dimana supaya ketika ditanya tentang skripsi kalian mereka benar2 tertarik dengan kalian so kalian bisa bergabung dengan mereka. Setelah itu tinggal nunggu pengumuman apakah kita diterima ato tidak di BPPT.

Jika kalian berminat untuk jadi pegawai negeri tolong rajin2 buka internet bulan September sampai November coz disitu departemen2 mulai buka lowongan dan siapkan berkas2 (seperti kartu kuning, legalisir transkrip nilai dan ijazah, foto dg backround merah ukuran 3x4 dan 4x6 sebanyak-banyaknya, tes kesehatan dan narkoba dari rumah sakit pemerintah, SKCK) karena berkas tersebut ngurusnya lama banget dan ribet banget dan juga pengumpulan berkasnya cepat banget jangka waktunya.

Ditunggu ya oleh Wiwik di BPPT, asyik banget ko nge’research terus dan semakin kita rajin ngelakuin penelitian dan bikin tulisan kita cepat naik golongan dan uang proyeknya makin besar,hehehe...;-)


Ditulis oleh:

Wiwik Handayani (Teknik Kimia UI '04)

Lab-Tech

BPPT

3 comments:

  1. wik...wulan GP02 juga di BPPT lho...dah tahu belum...

    ReplyDelete
  2. mba mau tanya antara
    pertanyaan 1. tes ke-1 dengan tes ke-2 berapa lama ya jaraknya?
    2. mba jurusan teknik kimia apakah ngerisetnya sesuai bidang mba?
    3. skripsi mba tentang apa? dan skripsi yang seperti apa yang sesuai dengan kriteria bppt? apakah harus mengenai teknologi?
    trims ya mba...

    ReplyDelete
  3. mbak saya mau tanya, saya kan pengen banget daftar pns di bppt. proses pendaftarannya gimana ya mbak? trus apakah tahun 2016 ini bppt memang sedang buka lowongan cpns? jika iya, saya harus mengisi pendaftaran kemana ya mbak? terima kasih

    ReplyDelete

Hi All...
Thank's for reading my blog.
I'd be glad if you give me any comments about this post.