Thursday, March 12, 2009

Wawancara Bank Mandiri

Kenapa ya gue selalu dijebloskan Mr.D untuk apply ke Bank..?! Untungnya sih dia masih pilihpilih, dia cuma mau masukin CV gue yg ada program MT nya. Untuk ke-3 kalinya setelah NISP dan Dulux, Mr.D masukin CV gue ke bidang yg ga ada hubungan nya sama sekali dengan teknik kimia. Tapi gpp lah, toh ga ada salahnya melebarkan sayap ke seluruh bidang pekerjaan yg ada di jagat Indonesia ini... Sayangnya ga dapet makanan, cuma dapet aer putih.

Tahap I
Semua orang yg apply buat MT, wawancara awal dengan pihak Bank Mandiri di PSJ UI Depok. Di sini ditanya ttg pengalaman organisasi di jaman perkuliahan. Setelah lolos, di kasih kertas semacam kupon, buat ikut test selanjutnya.

Tahap II
Test TOEFL di Manggala Wana Bakti. Kalo ini TOEFL nya bukan ecek-ecek lho...TOEFL beneran...paper base...beuh! dahsyat lah pokoknya... Nanti akan dikabarin/ditelp sama orang Mandiri lulus atau nggaknya. Sayangnya ga dapet makanan...

Tahap III
Tahap ini adalah test semacam test itung2an dan kepribadian. Jadi ada soal itung2an,,tp bukan itung2an basic lho yah.. Lebih kayak itung2an anak ekonomi: Pajak, inflasi, dan tetek asma nya. Huhuhuhu...hati gue mulai memaki ekonomi. Dari SMA di rapor,, angka 6 selalu setia dengan mata pelajaran ekonomi. Abis itu ada test tertulis mengenai kepribadian, di suruh pilih mana yg sesuai sama kepribadian kita, dan kembali menggambar pohon rambutan. Sayangnya ga dapet makanan...

Tahap IV
Psychological assessment-nya Bank mandiri dari pagi ampe siang di Mega Kuningan. Kan udah dibagi tuh jadwalnya sekitar 8-10 orang setiap sesi. Ntar masing2 bakal dikasi 1 orang penguji untuk setiap kasus. Kita bakal diuji sebanyak...mm...berapa ya, 3 kali kasus n 2x interview. Tapi tenang...semuanya full bhs Indo kok hehe. Pertama kalo ga salah disuruh analisa kasus2 yang umum terjadi di dunia kerja, kyk misalnya saingan sama rekan kerja. tar disuruh bikin alternatif apa aja yang bakal gue lakukan dalam kondisi kyk gitu. Dikasi waktu 10 menit, trus diskusi sama pengujinya. Ditanya alasan2 gue, terus konsekuensi atas alternatif yang gue ambil. Next disuruh reschedule jadwal kegiatan yang udah disiapin, ceritanya itu jadwal kegiatan gue dlm 1 hari. Gue harus mengeliminasi beberapa di antaranya dan ganti sama jadwal lain yang lebih butuh prioritas. Nanti didiskusiin juga sama penguji (pengujinya ganti lagi). Yang ketiga role play. Jadi sales untuk satu produk (ah masa iya gue jadi sales), harus presentasi ke calon client. Gue mulai curiga,,jangan jangan gue Mr.D apply bukan untuk MT, tapi untuk sales girl Bank Mandiri. Terakhir interview, 2 kali. Tapi pertanyaannya sama, cuma diliat konsistensi jawaban kita. Anyway, semua itu direkam. Yang penting kita harus bener2 JUAL DIRI dan attitude-nya juga harus mencerminkan calon bos...haha.

Kalo tahap IV ini lolos, langsung medcek atau langsung interview dengan Dirut/representative-nya.

N.B: pas Tahap IV gue kedinginan, ampe menggigil.. Sumpe deh AC gedung nya dingin buangetttt... Mana gue pake kemeja tangan pendek pulaaa...Hiks..::crying:: Jadinya pas di interview dan pas jadi sales gue terbata-bata gitu ngomong nya bukan karena grogi , tp karena menggigil...

..Pengalaman pribadi dan Unay..

5 comments:

  1. maap ya..mo nanya2. untuk psycological assesment testnya tuh, interviewnya ditanyain ttg apa aj? pengalaman kah? kelebihan kekurangan? ato pertanyaan perbankan?
    makasih.........

    ReplyDelete
  2. @Zahra:
    kalo untuk interview pas Psychological assessment, kebanyakan ditanya ttg pengalaman organisasi jaman kuliah dan masa2 sulit yg pernah kita alami+solusinya. Pengalaman jd ketua organisasi,sangat dipertimbangkan. Terus ditanya2 konflik2 apa aja yg timbul saat berorganisasi dan bagaimana mengatasinya. Klo wktu itu sih, ga ada pertanyaan ttg perbankan.
    Di program ini kan, Mandiri nyari calon2 manager, jadi tunjukkan kemampuan kita dalam memimpin dan mengorganisir.
    Good luck ya!
    (^_^)v

    ReplyDelete
  3. kalo interview awal ditanya apa aja ya? tolong dunk critain....hehehe
    mw tes ne soalnya........

    ReplyDelete
  4. bwt smua yg tau, aku mau tny nich. klo walk in- interview bank mandiri jd frontliner ditannyanya pake bahasa inggris ya?cv nya jg hrs berbahasa inggris ga?ditannyanya kira2 apa aja sich?

    ReplyDelete

Hi All...
Thank's for reading my blog.
I'd be glad if you give me any comments about this post.