Tuesday, March 10, 2009

Making Sushi...

Monday, Oct 20, 2008

Hari ini gue berniat bikin salah satu makanan jepang yang emang dah jadi favorit untuk banyak kalangan di Jakarta khususnya.. Yup...SUSHI!! Makanan jepang satu ini emang dah ga asing lagy. Gue yang emng pemilih dalam hal makanan, suka banget sma yg namanya sushi. Kalo cowok gue sih,,makanan jenis apa aja dari mana aja,, “hayu atuh!!”… well, sebut aja dia itu Mr. Dwell on the future (a.k.a Mr. D). Kenapa gue sebut kyk gt, krn dia gue anggep seseorang yang dateng dari masa depan gue (agak berlebih, tp serius gue anggap begitu). Well, gue pikir daripada gue dicap sama Mr. D sebagai couch potato (I’m not exactly that kind of person), mending gue ikut saran Mr. D aja untuk masak hari ini.

Silaunya matahari (pake lampu brp watt sih nih?!Asli,silau bngt!) siang itu ga menyurutkan niat kita untuk haunting bahan-bahan buat sushi. Dengan berbekal motor Mr. D, kita tancap gas! Gue baru sadar setelah gue jadian sama Mr. D kalo motor itu kendaraan yang cocok untuk tinggal di Jakarta. Fast and furious. Walaupun panas kena panas, ujan kena ujan, tetep aja gue cinta motor (tapi motornya Mr. D doank!).

Berhubung rumah gue di kalibata, kita nyari supermarket lengkap yang deket-deket dulu. Pilihan kita jatuh pada Carrefour MT. Haryono. Sampe sana nyari sikat gigi dulu buat Mr. D katanya dia pengen sikat gigi yang bisa ngebersihin sampe ke bolong-bolongnya gigi dia, supaya penderitaan penyakit yang katanya lebih parah dari sakit hati itu, lekas berakhir.
Keliling-keliling lebih dari 10 menit, baru dapet item pertama, NORI (seaweed) tapi ga ada yang sesuai dengan keiinginan kita. Nori yang tersedia panjangnya 10 cm, lebar 3 cm. yaudah akhirnya kita beli aja seharga Rp 24.800. Di Carrefour kita sempet nanya-nanya sama mas-mas pembuat sushi di counter makanan. Lumayan dapet ilmu juga pas ngobrol sama dia. Ini dia report les singkatnya:
Nasi yang digunakan untuk sushi (Beras Jepang) harganya mahal (Rp 120ribu/5kg), bentuk nasinya lebih bantet dibanding nasi biasa. Sebenernya ga terlalu masalah kalo pake nasi biasa, asal ngolahnya aja yang tepat.
Di Carrefour situ ga dijual roll mat (tikar penggulung sushi a.k.a Makisu), beras jepang, dan telur ikan (yg warna oranye kecil-kecil itu lho, namanya Tobiko—telur ikan terbang), kalo telur ikan salmon namanya Ikura.
Untuk mengolah nasi, selain ditambah MIRIN (cuka manis) or vinegar, gula pasir, dan garam,
Untuk kecap asin jepang (shoyu) yang digunakan sebagai pelengkap makan sushi, sebaiknya jangan pake kecap asinnya indonesia., karna asli asiiin banget, lebih baik beli aja kecap asin jepang (ya,,walaupun harganya lebih mahal).

Setelah ngobrol lumayan lama, kita memutuskan membeli untuk isian dulu. Setelah bertukar pendapat dan saling menjatuhkan (lebay!), akhirnya kita putuskan beli ikan tuna&salmon. Harga tuna Rp 7500/ons, salmon Rp 19900/ons duh harga persisnya lupa,pokoknya sekitar segitulah (Salmon oh salmon kenapa engkau begitu mahal?!). Setelah itu, kita balik lagi ketempat tadi ngambil nori, haunting bahan lain yang belum didapet, kita beli mirin (Rp 40.000) dan kecap asin (Rp 24.100). Setelah sekitar 30 menit disana, akhirnya kita menuju kasir dan menghabiskan sekitar Rp 125ribu. Mr. D merasa belum puas karma kita belum dapet semua bahan dan alat yang diperlukan. Padahal siy kalo menurut gue, dengan barang segini dah bisa bikin sushi. Akhirnya Mr. D ngotot mau ke KemChiks Kemang, dia pengen banget Tobiko. I can be sure. He will be at that place, come rain or shine. Kayak gitu tuh kalo dah punya keinginan. Duh, bayangkanlah, siang bolong (jam 12-an) begini harus cau dari MT.Haryono, ke Kemang. Ubun dah terasa kebakar gini. Tapi gue tau ga ada yang bisa ngalangin tekadnya Mr. D.

Setelah berputar-putar Jakarta, sampe juga deh akhirnya di KemChiks. Di sana kita nemuin Roll Mat (Rp15.500), nori yang lebar dan panjang (Rp 19.900), sama bumbu instant sushi (Rp 23.400) untuk diolah bersama nasi. Hmm,,agak nyesel siy,, tau gitu kan kita ga perlu beli mirin yang harganya mahal itu. Yaudah akhirnya kita beli juga 3 item itu. Sayangnya, di KemChiks pun ga ada telur ikan. So, akhirnya abis dari situ kita memutuskan ke Food Mart (Citos) karena tadi mas-mas di Carrefour menyarankan kita nyari di Food Mart aja, lebih lengkap. Mr. D tetep ngotot mau nyamperin kesana, padahal gue tau dia dah capek banget, lebih capek dari gue. Dah gitu perut gue sakiiit banget pula, karma lagy ‘dapet’. Tapi usaha Mr.D ga sia-sia, ternyata bener guys, di Food Mart lebih lengkap untuk bahan-bahan sushinya. Kita beli Tobiko (akhirnya ketemu jg!! Harganya Rp21.500 tapi porsinya dikiiiit banget!) & Crab Stick (Rp 19.250) buat isian. Sempet ngambil hashi (sumpit) juga, berhubung gratis. Beli PocariSweat sekalian buat ngilangin dahaga! Abis itu mampir dulu di Breadtalk, beli Choco d Franc, Fire Floss, Pie Peach, Cheese Croissant. Dah ashar! Akhirnya cabut ke rumah gue, Mr. D suggested that tomorrow would be nicer to make sushi. Not today! Well, I agree with him.

Keesokan harinya...
Duuuh...pertama-tama sulit banget gulung sushinya. Entha karena ketebelan ngasih nasinya,atau karna blom mahir dalam gulung menggulung. Kalo liat video "making sushi" di youtube.com kayaknya guampaaang banget gulung tuh sushi... Ya iyalah,secara gue ngeliat video nya japanese chef.

Well,,setelah kerja keras,,sempet ngambek karena Mr.D cuma bisa nyuruh2 doank...This is the result...!

10 comments:

  1. Hi, wah critanya seru n berakhir dgn bahagia ^_^
    G jg lg mau nyoba bikin sushi nih..buat suami tercinta..secara dia suka bgt ama yg namanya sushi ;)
    Stlh hunting 3hr di sktr rumah cm berhasil dpt kecap, salmon, tuna, mentimun, crab stick,rice vinegar, beras ketan.
    Nyari DASHINOMOTO n Nori susah bgt, n skalian mau nyari bamboo matnya jg..
    Klo baca di atas sepertinya bisa dapetin smua di Citos ya?
    Mau nyoba kesana jg deh klo ada wktu :)
    Thx for the sharing ;)

    ReplyDelete
  2. Hai..
    Wah,,pasti seneng bgt deh kalo bisa nyushi bareng suami... =)
    kalo untuk bahan2 isian memang lebih lengkap di FoodMart (Citoz), tapi kalo untuk roll mat, aku lupa ada atau ga di Citoz...
    Yg jelas sih di Kemchik ada... =)

    well, happy cooking!!!
    (^_^)v

    ReplyDelete
  3. makasih bwt info'y..... dimana gw harus beli perlengkapan u/ buat sushi!!!!!!! ^^

    ReplyDelete
  4. wahh makasi informasinya, aku juga mo bikin sushi di rumah.. uhhh kmrn beli roll matnya di farmer market 23 ribu hikss...
    trus beli norim karena gak ngerti jd ngasal beli yg murah aja, ehh taunya lebarnya cuma sebesar kartu nama hikss.. gagal dehh

    aku mo ke Food mart aje

    ReplyDelete
  5. farmer market itu dimana?bisa kasitau alamatnya nga?thank...:D

    ReplyDelete
  6. hoho.. seru bgt, kmrn jg sempet muter2 cari bahan sushi tp yaa beruntung msh dpt..

    oh ya, buat yang nanya farmer market itu, klo ga salah ada di sumarecon serpong..

    ReplyDelete
  7. wah makasih infonya
    aku emang lagi pengen banget bikin sushi :D
    oya salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. nice inpoh :) very nice indeed
    jadi tau klo foodmart lebih lengkap buat nyari bahan2nya

    oia untuk roll mattnya bisa juga pake tatakan piring dgn model "tiker jawa" yang dari lidi tapi aga gede biasanya ada di pasar2 (-.-" maap ga tau namanya), walopun jauh lebi kecil dr pada yg dr bambu menurut gw jadi lebi gampang gulungnya
    dan yg paling penting murah meriah ^0^

    ReplyDelete
  9. aku jual tobiku harga murah, tapi ogkir ditanggung pembeli.. bagi yang minat hubungi. 081227084635. tq

    ReplyDelete
  10. Happy ending ya ka pada akhirnya 😍
    Jujur aku jg pecinta sushi dan lagi pengen banget bikin sendiri dirumah. Tp nyari tobikonya susah bgt dsni 😭
    Salam hangat dari Palembang ka

    ReplyDelete

Hi All...
Thank's for reading my blog.
I'd be glad if you give me any comments about this post.